Senin, 25 Juli 2016

Anak Takut Gelap, berikut cara mengatasinya

Anak Takut Gelap, berikut cara mengatasinya

Ketakutan yg berlebihan khususnya di ruangan gelap seringkali dirasakan oleh anak-anak. Terlebih, bila sang anak memilki imajinasi berlebihan karena rasa takut yang dirasakannya tersebut.

Untuk mengatasi takut gelap pada anak, tentunya anak perlu diajak berkomunikasi untuk memberinya pengertian. Misalnya dengan mengatakan bahwa monster dan naga yang dikhayalkannya keluar saat gelap tidak ada di dunia nyata.

"Saat anak sudah bisa diajak berkomunikasi di situlah orang tua bisa memberikan pengertian pada anak, bahwa gelap tidak perlu ditakuti. Mungkin sekitar usia preschool (bisa dilakukan),"

Orang tua juga dapat membantu anak untuk melawan ketakutan yang dirasakan. Misalnya dengan mengajarkan anak untuk tidur dengan lampu gelap karena baik untuk kesehatan.

"Untuk anak yang lebih kecil, cobalah untuk memberikan contoh yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh sang anak," lanjut Ratih.

Misalnya dengan bermain dalam gelap atau dalam ruangan temaram. Misalnya mendongeng dengan bayangan tangan, menebak bayangan dan sebagainya. Dengan bermain, anak menjadi rileks sehingga bisa membuatnya lupa pada hal-hal seram yang muncul dari imajinasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar