Kamis, 08 Oktober 2009

apasih penyebab anak rewel

Bila buah hati anda sudah terlanjur rewel dan tantrum, jangan keburu berkecil hati. Anda tetap bisa mengatasinya kok dengan langkah yang bijak. Menurut pakar emotional intelligence dari Radani Edutainment, Hanny Muchtar Darta, ada beberapa saran untuk mengatasinya:


1. Hindari untuk menghukum anak, Saya pernah menangani anak yang merasa sangat sedih karena pernah ketika dia dan ayah ibunya pergi ke mal, dan si anak ingin membeli coklat, ibunya bilang”no” karena si anak telah mendapatkan banyak jajan hari ini, yaitu makan siang di resto mahal juga membeli buku. Si anak malah nangis sampai menggigit tangan ayahnya. Sesampai di rumah semua mainan anak dibuang. Dan si anak merasa sedih dan dia bilang sama saya: “ Seem my parent don’t understand me..”Anak tersebut anak cerdas, tetapi suka sekali kekerasan, padahal masih berusia 6 tahun. Sebaiknya ibu mengatakan “ Boleh kamu beli cokelat tetapi minggu depan ya..karena hari ini kita sudah mengeluarkan uang banyak untuk makan dan membeli buku.”

2. Hindari untuk memberikan penghargaan apapun. Setelah dia rewel atau tantrum. Sampaikan dengan tegas dan tetap tenang, kalau anda merasa kecewa dengan perilakunya tersebut, sampaikan hal ini ketika anak sudah tenang dan secara langsung. dan jangan lupa untuk menatap mata si anak ketika berbicara. lakukan dengan sejajar.

3. Meminimalkan penyebab, misal dia tantrum pada jam – jam tertentu jadi pada jam – jam tersebut anda harus meniadakan aktivitas yang akan menjadi pencetus kerewelan anak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar